Selasa, 06 September 2016

Pomologi

Pomologi

Pomologi adalah ilmu yang mempelajari mengenai buah-buahan. Berdasarkan habitatnya, buah- buahan dapat dikelompokkan menjadi:
  1. Tanaman buah-buahan dengan habitus pohon antara lain mangga, durian, rambutan, dan avokad
  2. Tanaman buah-buahan dengan habitus semak antara lain jeruk, jambu biji, sirsak, dan srikaya
  3. Tanaman buah-buahan dengan habitus terna dan merambat antara lain pisang, papaya, nanas, markisa, stroberi, dan anggur
  4. Tanaman buah-buahan semusim antara lain semangka, melon, timun dan blewah 

Pengertian Buah

Pengertian Buah Secara Botani

Buah adalah hasil pertumbuhan bunga atau rangkaian bunga angiospermae atau merupakan perkembangan lanjutan dari bakal buah (ovarium). Tidak semua buah yang kita konsumsi merupakan perkembangan dari bakal buah (ovarium). Sebagai contohnya buah nanas yang merupakan perkembangan dari pedunkel, biji delima yang merupakan perkembangan dari lapisan luar tesla, buah stroberi yang merupakan perkembangan dari reseptakel, buah jambu mete yang merupakan perkembangan dari pedicel, buah manggis yang merupakan perkembangan dari aril.
Dalam pengertian botani terdapat buah sejati dan buah tidak sejati. Buah sejati merupakan perkembangan dari bagian mesokarp bakal buah yang nantinya menjadi bagian buah yang dapat kita konsumsi (daging buah). Buah tidak sejati (buah semu) merupakan perkembangan selain dari bagian mesokarp bakal buah yang nantinya akan kita konsumsi (daging buah).

Pengertian Buah secara Hortikultura

Pengertian buah secara hortikultura merupakan pengertian yang digunakan oleh masyarakat luas. Buah merupakan setiap bagian tumbuhan di permukaan tanah yang tumbuh membesar dan (biasanya) berdaging atau banyak mengandung air atau sesuatu yang berkembang dari ovary dan/atau jaringan lunak yang terkait dengannya serta dapat dimakan segar tanpa diolah namun buah kering seperti kacang-kacangan juga dapat dikatakan sebagai buah.

Tipe-tipe Buah

Buah Tunggal, yaitu buah yang terbentuk dari satu bunga dengan satu bakal buah yang berisi satu biji atau lebih. Buah tunggal dapat dibedakan menjadi buah dengan cangkang keras (siccus) dan buah dengan cangkan sukulen (carnosus).
Buah sukulen dapat dibagi menjadi 5 jenis, yaitu:
  1. Buah buni (bacca), buah yang memiliki dinding buah terdiri dari tiga lapisan, yakni lapisan luar (eksokarp atau epikarp) menjadi kulit luar yang tipis; lapisan tengah atau mesokarp; dan lapisan dalam (endocarp) yang tebal, lunak dan berair. Contoh buah ini antara lain belimbing, duku, manggis, papaya, rambutan dan sawo.
  2. Buah pepo, serupa dengan buah buni tetapi memiliki dinding luar yang lebih tebal dan kuat. Contohnya antara lain mentimun, semangka, melon, dan markisa.
  3. Buah batu, memiliki tiga lapisan dinding buah. Kulit luar umumnya tipis, mesokarp berdaging atau berserabut, dan endokarp tebal dan keras. Contohnya adalah kelapa
  4. Buah Hesperidium, memiliki tiga lapisan dinding buah. Eksokarp menjadi lapisan luar yang liatdan berisi kelenjar minyak, lapisan tengah (mesokarp) umunya berisi jaringan bunga karang berwarna putih, serta lapisan dalam yang bersekat-sekat dengan gelembung-gelembung berisi cairan di dalamnya. Contohnya adalah jeruk.
  5. Buah Pome, pada buah ini eksokarp menjadi kulit buah, mesokarp menjadi daging buah, dan endokarp menjadi selaput tipis kaku yang melindungi biji. Contohnya adalah apel.

Klasifikasi Botani Buah-buahan Berdasarkan Famili

Arecaceae (salak)
Anacardiaceae (manga, jambu mete)
Annonaceae (sirsak, srikaya)
Bombaceae (durian, durian merah, lai)
Bromeliaceae (nanas)
Caricaceae (pepaya)
Clusiaceae (manggis)
Cucurbitaceae (semangka, melon)
Moraceae (nangka, cempedak, sukun)
Musaceae (pisang)
Myrtaceae (jambu biji, jambu bol, jambu air, duwet, jambu semarang)
Rosaceae (apel, stroberi)
Rutaceae (jeruk siam, jeruk keprok, jeruk pamelo, jeruk nipis)
Sapindaceae (rambutan, lengkeng, leci)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar