Selasa, 06 September 2016

Hortikultura (Horticulture)

Pengertian Hortikultura


balitsa.litbang.pertanian.co.id
Hortikultura (Horticulture) berasal dari bahasa latin 'hortus' yang artinya kebun dan 'colere' yang artinya membudidayakan. Jadi hortikultura adalah membudidayakan tanaman di kebun. Budi daya di kebun bersifat intensif, padat modal, dan tenaga kerja. Hortikultura merupakan perpaduan antara ilmu, teknologi, seni, dan ekonomi. Praktik hortikultura ditujukan untuk mendapat keuntungan ekonomi maupun pribadi sesuai dengan usaha yang dikeluarkan. 

Ciri Komoditas Hortikultura


  1. Komoditas dipasarkan dalam keadaan hidup, sehingga penanganan pasca panen sangat penting untuk komoditas ini.
  2. Komoditas ini mudah rusak, komoditas ini tidak dapat disimpan lama oleh sebab itu perlu dilakukan perencanaan produksi yang tepat.
  3. Komoditas ini diperdagangkan dengan kandungan air yang tinggi dan meruah (voluminous), perlu gudang yang luas dan diperlukan tempat penyimpanan yang sesuai dengan komoditas.
  4. Kualitas adalah kunci dari komoditas ini, kualitas yang dimaksud tidak hanya berhubungan dengan rasa saja namun berhubungan dengan penampakan dari komoditas juga. Perbedaan bangsa menimbulkan persepsi yang berbeda akan makna dari kualitas tersebut.
  5. Komoditas ini dikonsumsi sebagai sumber vitamin, mineral atau kesenangan.
  6. Komoditas ini diproduksi secara intensif, produksi komoditas hortikultura merupakan produksi dengan padat tenaga kerja dan modal tentu dengan keuntungan yang menjanjikan.
  7. Komoditas ini perlu penanganan pasca panen yang baik.
  8. Komoditas ini biasanya memberikan pemasukan yang baik, jika diusahakan dalam skala yang besar.
  9. Produk hortikultura bukan merupakan kebutuhan pokok yang diperlukan dalam jumlah besar namun jumlah kecil dan teratur setiap harinya.

Klasifikasi Tanaman Hortikultura

1. Bidang yang mempelajari tentang buah-buahan (pomology)
2. Bidang yang mempelajari tentang sayur-sayuran (olericulture)
3. Bidang yang mempelajari tentang bunga dan tanaman hias (floriculture)
4. Bidang yang mempelajari tentang tanaman obat (biofarmaka)

1 komentar: